Penulis Utama : Iin Indarwati Suko
NIM / NIP : C0914019
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Wujud busana pernikahan basahan Dodot Ngumbar Kunco di Surakarta Hadiningrat. (2) Bobot busana pernikahan basahan Dodot Ngumbar Kunco di Surakarta Hadiningrat. (3) Penampilan busana pernikahan basahan Dodot Ngumbar Kunco di Surakarta Hadiningrat.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan data di lapangan  untuk  mengembangkan  teori  yang  dibangun.  Teori  yang  digunakan untuk menelaah penelitian ini menggunakan Teori Estetika Djelantik. Sumber data yang digunakan: informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan review informan kunci. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  :  (1)  Busana  pernikahan  basahan
Dodot Ngumbar Kunco tersusun atas pakaian utama yang berwujud Dodot Alas- alasan warna gadung mlathi  dan kain cinde sedangkan perlengkapannya terdiri dari kuluk mathak, sumping, kalung roncean melati, kalung ulur, keris, roncean melati  kolongan  keris,  gelang,  epek,  timang,  ukup,  buntal.  Busana  Dodot Ngumbar Kunco berpasangan dengan dodot ageng yang dipakai oleh pengantin wanita. (2) Bobot   busana pernikahan   basahan Dodot Ngumbar Kunco mengandung makna ajaran bagaimana menjalani kehidupan berumah tangga dengan memakai tuntunan bertingkah laku sesuai pandangan hidup orang Jawa dan busana ini merepresentasikan harapan dan doa kepada Tuhan. (3) Penampilan busana pernikahan   basahan Dodot Ngumbar Kunco saat upacara panggih ditampilkan layaknya sebuah pertunjukan seni diperagakan oleh kedua pengantin yang seolah-olah menjadi raja dan ratu sehari.

Kata Kunci : Wujud,Penampilan, Bobot, Dodot Ngumbar Kunco

×
Penulis Utama : Iin Indarwati Suko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914019
Tahun : 2018
Judul : Kajian Estetika Busana Pernikahan Basahan Dodot Ngumbar Kunco di Surakarta Hadiningrat
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Tekstil-C0914019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn.
2. Dr. Theresia Widyastuti, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.