Penulis Utama : Andryadi Wijaya
NIM / NIP : S981502002
×

Latar   Belakang:   Laringoskopi   dan   intubasi   endotrakea   terkait   dengan   berbagai komplikasi seperti peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Sufentanil, fentanyl dan lidokain dapat digunakan untuk menumpulkan respon hemodinamik terhadap laringoskopi dan intubasi.
Tujuan:  Menilai  perbandingan  efektivitas  antara  intravena  sufentanil,  fentanyl  dan lidokain dalam mengurangi respon hemodinamik setelah intubasi endotrakea pada anestesi umum.
Metode: Penelitian menggunakan uji klinis acak tersamar ganda pada 48 pasien yang menjalani operasi dengan anestesi umum menggunakan pipa endotrakeal yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok yang mendapat perlakuan sufentanil 0,2 mcg/kgBB, kelompok yang mendapat perlakuan fentanil 2 mcg/kgBB, dan kelompok yang mendapat perlakuan lidokain 1,5 mg/kgBB.
Hasil: Penelitian menunjukan hasil bahwa sebelum tindakan laringoskopi intubasi endotrakea,  pemberian  sufentanil,  fentanyl  dan  lidokain  berpengaruh  pada  sistolik, diastolik, MAP, dan denyut jantung pada 1 dan 5 menit setelah tindakan. Sufentanil mempunyai nilai penurunan paling besar dibandingkan fentanyl dan lidokain dengan nilai p<0 p=0,001; p=0,006; p=0,007)>Kesimpulan: Sufentanil lebih efektif dibandingkan fentanyl dan lidokain dalam mengurangi gejolak peningkatan tekanan darah (Sistolik, MAP) dan denyut jantung terhadap tindakan laringoskopi intubasi endotrakea.

×
Penulis Utama : Andryadi Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981502002
Tahun : 2018
Judul : Perbandingan Efektifitas Penggunaan antara Sufentanil, Fentanyl dan Lidokain terhadap Respon Hemodinamik Laringoskopi Intubasi Endotrakea
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif-S981502002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. dr. Purwoko SpAn KAKV. KAO
2. dr. Bambang Novianto SpAn MKes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.