Penulis Utama : Dian Rahmawati
NIM / NIP : S811302009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA, mendeskripsikan implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA, meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan sejumlah 26 anak. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan sejumlah 26 anak. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan in depth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) langkah-langkah implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) : a) elicit, b) engage, c) explore, d) explain,  e) elaborate, f) evaluate, g) extend ; 2) Fa Faktor pendukung : a) rancangan pembelajaran yang menarik, b) alat/ media pembelajaran yang memadai, c)  motivasi/ keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ; 3) kendala : a) dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, b) peserta didik  kurang teliti dalam menginterpretasi data, c) pembelajaran didominasi oleh peserta didik yang pandai, Solusi : a) guru menyiapkan perangkat pembelajaran jauh-jauh hari sebelum dilaksanakan pembelajaran, b) perhatian guru merata pada semua peserta didik, c) peserta didik yang kurang percaya diri dengan kemampuannya diberi motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran seperti teman-temannya yang lain.
Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan. Jumlah siswa yang mencapai KKM menncapai 87 %.

×
Penulis Utama : Dian Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811302009
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Model Learning Cycle 7e (Einsenkraft) Berbasis Multimedia pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Wergonayan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S811302009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
2. Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.