Penulis Utama : Nidya Pratiwi
NIM / NIP : S131602009
×

Novel klasik yang berjudul Lady Chatterley’s Lover karya D.H Lawrence yang diterjemahkan oleh Arfan Achyar merupakan novel yang penuh dengan kritik sosial namun tetap menjadi bacaan inspiratif. Hal tersebut terbut terbukti dengan banyaknya temuan mengenai memperindah bahasa, membayangkan dan mengkiaskan suatu bahasa yang merupakan ciri khas dari gaya bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi  dan  mendeskripsikan  jenis-jenis  gaya  bahasa  yang  muncul  dalam novel Lady Chatterley’s Lover karya D.H Lawrence, (2) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan teknik penerjemahan yang digunakan penerjemah dalam menerjemahkan gaya bahasa dalam Lady Chatterley’s Lover karya D.H Lawrence (3) Mengidentifikasi dampak penggunaan teknik penerjemahan terhadap pergeseran jenis gaya bahasa dalam novel Lady Chatterley’s Lover,(4) Mendeskripsikan kualitas terjemahan gaya bahasa dalam  novel Lady Chatterley’s Lover karya D.H Lawrence.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus terpancang (embedded research). Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis menyusun jenis-jenis gaya bahasa yang terdapat dalam novel Lady Chatterley’s Lover. Kemudian, untuk mengidentifikasi teknik penerjemahan, peneliti membandingkan jenis-jenis gaya bahasa  di  teks  bahasa  sumber  dan  teks  bahasa  sasaran.  Akhirnya,  para  peneliti melakukan  Focus Group  Disscussion  bersama  dua  informan  (rater)  untuk mengidentikasi kualitas terjemahan dan mengkaji dampak teknik terjemahan terhadap pergeseran jenis gaya bahasa di novel the Lady Chatterley's Lover.
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menemukan (1) 7 jenis gaya bahasa dalam novel Lady Chatterley’s Lover, yaitu asindeton, sinekdok, paronomasia, personifikasi, hiperbola, metafora dan simile. (2) Teknik penerjemahan yang digunakan oleh penerjemah untuk menerjemahkan gaya bahasa adalah teknik penerjemahan padanan lazim, reduksi, peminjaman ,kreasi diskursif, literal,adisi, adaptasi, eksplisitasi dan modulasi. (3) teknik- teknik tersebut mempengaruhi pergeseran jenis-jenis gaya bahasa, yaitu pada paronomasia,metafora dan simile. Kombinasi padanan lazim dan reduksi menghasilkan pergeseran pada paronomasia. Pergeseran pada metafora disebabkan oleh teknik padanan lazim, kombinasi padanan lazim dengan literal, kombinasi adisi dengan padanan lazim, kombinasi kreasi diskursif dengan adisi. Kombinasi  reduksi  dengan  padanan  lazim  meyebabkan  pergeseran  pada  simile. (4) Teknik padanan lazim dan kombinasi dengan adisi menghasilkan terjemahan dengan tingkat keakuratan dan   keberterimaan yang tinggi.Sedangkan pada teknik penerjemahan lainnya menghasilkan tingkat keakuratan rendah namun menghasilkan terjemahan yang berterima. Dari temuan yang dihasilkan menandakan bahwa, teknik penerjemahan yang digunakan oleh penerjemah akan   mempengaruhi kualitas terjemahan gaya bahasa pada novel Lady Chatterley’s Lover.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, ketika menerjemahkan gaya bahasa, penerjemah harus menggunakan teknik penerjemahan yang tepat agar  mendapatkan kualitas terjemahan yang baik. Lebih lanjut, penerjemah juga harus menyesuaikan terjemahan dengan konteks situasi dan juga budaya dibahasa sasaran. selain itu, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan antara penerjemah dan pergeseran gaya bahasa di sebuah novel. Lebih lanjut, peneliti selanjutnya dapat menambahkan pendekatan lain seperti pragmatik dan semantik.

×
Penulis Utama : Nidya Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S131602009
Tahun : 2018
Judul : Kajian Terjemahan Gaya Bahasa dalam Novel Lady Chatterley’s Lover Karya D.H. Lawrence
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Linguistik (Penerjemahan)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Linguistik-S131602009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. M.r. Nababan, M.Ed, M.A.,Ph.D.
2. Prof. Dr. Djatmika, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.