Penulis Utama : Qurratul A’ini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111508016
Tahun : 2018
Judul : Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesantunan pada Komentar di Fanspage Facebook Situs Berita Merdeka.Com
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Linguistik-S111508016-2018
Subyek : PRINSIP KERJA SAMA, PRINSIP KESANTUNAN, PARAMETER KESANTUNAN, FUNGSI TUTURAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian meliputi 3 hal yaitu (1) mendeskripsikan kepatuhan dan pelanggaran maksim kerja sama pada komentar berita politik di Facebook Fanspage Merdeka.com, (2) mendeskripsikan kepatuhan dan pelanggaran maksim kesantunan serta parameter kesantunannya pada komentar berita politik di Facebook Fanspage Merdeka.com, (3) mendeskripsikan fungsi pelanggaran maksim yang terdapat pada komentar berita politik di Facebook Fanspage Merdeka.com.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah Fanspage Facebook Merdeka.com dengan topik berita politik terpilih yaitu berita tanggal 23 dan 24 September 2016. Data dalam penelitian ini adalah data kebahasaan  yang berupa  satuan-satuan lingual  yang terdapat  dalam  komentar  berita  yang  berwujud  tuturan-tuturan  para  followers yang di dalamnya terdapat prinsip kesantunan dan prinsip kerja sama. Penelitian ini  menggunakan  teknik  sampling  yaitu  purposive sampling  atau  teknik  yang berdasarkan tujuan penelitian. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis menurut Spradely yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya.
Hasil penelitian menunjukkan kepatuhan maksim pada prinsip kerja sama dan sopan santun lebih banyak daripada yang pelanggaran maksim. Maksim kerja sama meliputi maksim kualitas, kuantitas, relevansi dan cara, sementara maksim prinsip kesantunan meliputi maksim kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan dan simpati. Parameter kesantunan pada berita dikelompokkan menjadi 4 tingkatan yaitu santun, cukup santun, kurang santun, dan tidak santun. Selanjutnya, pada setiap pelanggaran dan kepatuhan juga memiliki fungsi diantaranya fungsi asertif, direktif, dan ekspresif.
Simpulan penelitian ini mencakup 3 (tiga) hal. Pertama, pada kepatuhan maksim kerja sama ditemukan bentuk kepatuhan 1 maksim, kepatuhan 2 maksim, kepatuhan 3 maksim, dan kepatuhan 4 maksim, pelanggaran maksim kerja sama meliputi pelanggaran 1 maksim, pelanggaran 2 maksim, dan pelanggaran 3 maksim. Maksim yang paling dominan dipatuhi yaitu kepatuhan 2 maksim (relevansi dan cara), dan pelanggaran maksim paling dominan yaitu pelanggaran 1  maksim  (kuantitas).  Kedua,  kepatuhan  maksim  kesantunan  yang  paling dominan yaitu maksim kearifan dan pelanggaran maksim yang paling dominan yaitu  maksim  kerendahan  hati.  Adapun  pada parameter kesantunan,  komentar dengan kategori santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran maksim sebesar 0-25%, komentar dikategorikan cukup santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran maksim sebesar 26-50%, komentar dengan kategori kurang santun jika terdapat pelanggaran sebesar 51-75%, dan komentar dengan kategori tidak santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran sebesar 76-100 % atau komentar pendek yang sudah dikategorikan melanggar salah satu maksim kesantunan. Ketiga, fungsi pelanggaran dan kepatuhan disampaikan dengan tuturan asertif, direktif dan ekspresif. Fungsi pelanggaran asertif diantaranya menyatakan dan menyindir. Fungsi pelanggaran direktif yaitu menasihati, melarang, dan bertanya. Fungsi pelanggaran ekspresif meliputi mencela, menyalahkan, mengumpat, mengolok,  mengecam,  meremehkan,  dan  berharap.  Fungsi  pelanggaran  yang paling dominan yaitu fungsi asertif menyatakan. Adapun fungsi kepatuhan yang dituturkan dengan tuturan asertif yaitu menyatakan dan memaklumi, fungsi kepatuhan dengan tuturan direktif meliputi bertanya, menasihati, menyarankan, konfirmasi,   dan   mengajak.   Fungsi   kepatuhan   dengan   tuturan   ekspresif diantaranya; memberi selamat, memuji, menyayangkan, berharap, bersyukur, dan senang.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
2. Prof. Dr. Djatmika, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana