Penulis Utama : Yuvita Eka Pertiwi
NIM / NIP : K3314053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan problem solving pada setiap faktor dalam materi larutan penyangga siswa kelas XI non- science di SMA Negeri 3 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2, XI IIS 4 dan XI IIS 5 SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes instrumen Chemistry Problem Solving Ability Test (CPSAT) dan dilanjutkan dengan wawancara terhadap siswa yang memiliki kemampuan problem solving rendah dalam satu atau lebih faktor kemampuan problem solving.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase dan kategori kemampuan problem solving  pada setiap  faktornya dalam  materi  larutan penyangga siswa kelas XI non science SMA Negeri 3 Sukoharjo adalah: (1) faktor Pemecahan Masalah sebesar 69.86% dengan kategori Very Satisfactory (VS); (2) faktor Memahami Hubungan antar Konsep Kimia sebesar 58.78% dengan kategori Satisfactory (S); (3) faktor Memahami Konsep Kimia Terkait sebesar 58.47% dengan kategori Satisfactory (S); (4) faktor Menerapkan Strategi Pemecahan Masalah yang Tepat sebesar 84.16% dengan kategori Outstanding (O); (5) faktor Aplikasi Matematika yang Tepat sebesar 85.90% dengan kategori Outstanding (O).

 

×
Penulis Utama : Yuvita Eka Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314053
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI Non Science di SMA Negeri 3 Sukoharjo pada Materi Larutan Penyangga
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3314053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widiastuti Agustina E S, S.Si.,M.Si.
2. Dr.paed. Nurma Yunita I, M.Si.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.