Penulis Utama : Irawati Prabowo
NIM / NIP : D0412023
×

Di tengah skeptisme global, Finlandia berhasil membutikan bahwa penerapan standar Nordic Model berhasil menciptakan kesejahteraan serta ekonomi yang terus bertumbuh dan kuat untuk menopang sistem kesejahteraan tersebut.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  melihat  bagaimana  standar  Nordic Model diimplementasikan  sebagai acuan pembangunan  kesejahteraan  di Finlandia  dan  pembinaan  hubungan  luar  negeri  Finlandia.  Topik  ini  dipilih karena fenomena nordic model merupakan model pembangunan kesejahteraan yang cukup kontemporer dan menarik untuk dikaji lebih jauh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif yang terdiri dari tahap pemrosesan satuan, reduksi data, kategorisasi, dan penafsiran data. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari konsep Nordic Model dan Decision Making Process.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi standar Nordic Model
di  Finlandia  dimulai  berdasarkan  prinsip  stateness  yang  diwujudkan  melalui sistem pengambilan kebijakan terkait penyelenggaraan layanan publik dan sosial yang bersifat multi-level. Finlandia juga mengedepankan konsensus yang dapat terlihat dari keterlibatan berbagai komunitas dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu, terdapat pula beberapa fitur ekonomi dan politik Nordic Model yang diterapkan oleh Finlandia , antara lain pasar bebas, welfare state, keterlibatan   sektor   swasta,   dan   perserikatan   kerja.   Semua   fitur   tersebut mendorong terciptanya kesejahteraan yang universal dan equal. Selanjutnya berkaitan dengan hubungan luar negeri, penerapan standar Nordic Model berpengaruh utamanya dalam keterlibatan Finlandia dalam organisasi regional Nordic Councils dan Uni Eropa, serta hubungannya dengan negara lain di luar organisasi tersebut.

 

×
Penulis Utama : Irawati Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0412023
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Standar Nordic Model Terhadap Hubungan Luar Negeri Finlandia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Hubungan Internasional-D 0412023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. . Prof. Dr. H. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.