Penulis Utama : Rengga Ngesthi Pambuka
NIM / NIP : K2314036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif setelah mengikuti remediasi pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi Momentum dan Impuls kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4  SMA Negeri 3 Boyolali semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Pemilihan subjek dalam penelitian ini didasarkan pada pertimbangan bahwa subjek tersebut mempunyai permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi pada saat observasi awal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Data diperoleh melalui tes kognitif, observasi, wawancara, dan angket. Validitas dari hasil penelitian berdasarkan triangulasi data. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif Fisika pada materi Momentum dan Impuls kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Persentase ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan 11,11 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 69,44 %, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100 %.

Kata Kunci: Remediasi, PTK, Team Assisted Individualization (TAI), Kognitif

 

×
Penulis Utama : Rengga Ngesthi Pambuka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314036
Tahun : 2018
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Mia 4 Sma Negeri 3 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Fisika-K2314036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ahmad Fauzi, M.Pd.,
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.