Penulis Utama : Ryan Fahmi
NIM / NIP : D1216059
×

Latar belakang game online sebagai media baru adalah perkembangan dari hasil teknologi yang disebut video game, yang merupakan hasil dari teknologi berkembangnya media massa. Video game kemudian dikatakan sebagai new media atau media baru karena adanya aktifitas interaktif dalam bentuk komunikasi antar pribadi maupun komunikasi massa. Orang yang kecanduan bermain game online cenderung akan menimbulkan dampak kekerasan yang berupa fisik, verbal, dan cyber bullying. Permasalahan ilmu komunikasi yang terdapat dalam penelitian ini berfokus pada efek yang ditimbulkan dari media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game online Mobile legend (terpaan media, motivasi bermain, dan pengaruh lingkungan) terhadap konten obrolan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2018.
Dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teori yaitu teori Computed Media Communication (CMC) yang mengkaji tentang kemungkinan seseorang untuk saling berkomunikasi menggunakan media yang berbasis komputer. Selain itu, penelitian ini menggunakan teori Media Exposure, yaitu penggunaan media yang terdiri dari jumlah waktu yang digunakan dalam berbagai media, jenis isi media, media yang dikonsumsi atau dengan media secara keseluruhan. Terpaan media mencakup melihat, mendengar, dan membaca pesan-pesan ataupun pengalaman dan perhatian terhadap pesan-pesan
media.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster dari mahasiswa/i dengan karakteristik: mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang bermain Game Online Mobile Legend dan tergabung dalam Squad. Squad merupakan kelompok yang biasanya terdiri dari 5 hingga 6 orang dalam  game Mobile legend. Jumlah populasi   dalam   penelitian   ini   sebanyak   150   mahasiswa.   Penentuan   sampel

 


menggunakan teori tabel Isaac dan Michael dengan sig 5%, sehingga jumlah sampel menjadi 105 mahasiswa.
Hasil perhitungan menggunakan analisis linear sederhana, variabel Terpaan media (X1) memiliki nilai sig hitung sebesar 0,000 dan T hitung sebesar 8,500. Variabel Motivasi bermain (X2) memiliki nilai sig hitung sebesar 0,000 dengan T hitung sebesar 4,079. Sedangkan variabel pengaruh lingkungan (X3) memiliki nilai sig hitung sebesar 0,001 dan T hitung sebesar 3,389.
Hasil perhitungan menggunakan model persamaan Regresi linear berganda dalam penelitian ini mendapatkan nilai Y= -5.553 + 1,473X1 + 0,394X2 + 0,934X3. Yang mana menunjukkan adanya konstanta Konten obrolan mahasiswa sebesar -5,553 menunjukkan pengaruh negatif variabel independen (Terpaan media, Motivasi bermain, dan Pengaruh lingkungan). R menunjukkan nilai 0,728 yang berarti variabel memiliki pengaruh yang kuat antara Terpaan media, Motivasi bermain dan Pengaruh lingkungan. Kemudian R2 (R Square) menunjukkan nilai 0,530 yang berarti penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh sebanyak 53%, sedangkan sisanya yaitu 47% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel (Terpaan media, motivasi  bermain,  dan  pengaruh lingkungan)  memiliki  pengaruh terhadap  konten obrolan negatif di kalangan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun
2018. Jika Terpaan media tinggi, Motivasi bermain tingi, dan pengaruh lingkungan kuat, maka Konten obrolan akan cenderung negatif.

 

×
Penulis Utama : Ryan Fahmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216059
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Bermain Game Online Mobile Legend Terhadap Konten Obrolan Mahasiswa (Studi Pengaruh Terpaan Media, Motivasi, Dan Pengaruh Lingkungan Dalam Bermain Game Online Mobile Legend Terhadap Konten Obrolan Negatif Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi Non Reguler-D 1216059-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.