Penulis Utama : Gusti Ngurah Hari Saputra
NIM / NIP : S991602013
×

ABSTRAK
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model project based learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Imu Pengetahuan Sosial 3 di SMAK Suria Atambua , dan  SMA Negeri 1 Atambua kelas X I IPS 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data secara terpisah, dan membandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah temuan tersebut saling melengkapi atau tidak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project based learning berbantuan media Audio Visual pada mata pelajaran Ekonom dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktifitas belajar di kelas XI IPS3 SMAK Suria Atambua yakni dari 41,41% sebelum memperoleh tindakan yang termasuk dalam kriteria sangat rendah meningkat menjadi 61,09% setelah memperoleh tindakan pada siklus I yang termasuk dalam kriteria tinggi dan kembali meningkat menjadi 78,91% setelah memperoleh tindakan siklus II yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMAK Suria Atambua dengan nilai rata-rata yaitu  67,72 hasil ini belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 setelah memperoleh tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,18 hasil perolehan ini telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa kembali meningkat menjadi 80,61 setelah menerima tindakan pada siklus II Peningkatan aktifitas belajar juga terjadi di SMA Negeri 1Atmbua kelas XI IPS2  setelah penerapan model PJBL berbantuan media Audio Visual dari 42,59% sebelum memperoleh tindakan yang termasuk dalam kriteria sangat rendah menjadi 56,49% setelah memperoleh tindakan siklus I yang termasuk dalam kriteria tinggi kemudian kembali meningkat menjadi 82,49% setelah memperoleh tindakan siklus II yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa  dari  nilai rata-rata 69,86 yang belum mencapai  KKM 75setelah memperoleh tindakan pada silkus I hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 78,38  dan meningkat kembali menjadi 80,13 setelah memperoleh tindakan siklus II.
Kata Kunci:  Project Based Learning, audio visual, aktifitas, hasil belajar.

 

 

×
Penulis Utama : Gusti Ngurah Hari Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991602013
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur ( Ntt)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pend. Ekonomi- S991602013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.
2. Dr. Harini, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.