Penulis Utama : Patimah
NIM / NIP : C1011036
×

Penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada analisis proses penerjemahan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan proses dinamis penerjemahan klausa pasif Indonesia-Arab dalam jurnal Wardun, (2) Menjelaskan langkah-langkah penerjemahan klausa pasif Indonesia-Arab dalam jurnal Wardun.

Penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif  naturalistik  yang menekankan pada deskripsi alamiah dan menjelaskan keaadaan apa adanya yang terjadi di lapangan. Sumber data penelitian ini berupa Jurnal Wardun tahun 2015 terbitan Darussalam Press (DP) dan keterangan hasil wawancara dari sejumlah informan yang merupakan jajaran redaksi Jurnal Wardun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada informan terpilih (purposive), yaitu: anggota dewan redaksi, pimpinan redaksi, penerjemah rubrik terpilih dan proofreader.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, proses dinamis penerjemahan klausa pasif dalam jurnal Wardun berawal dari kesiapan intuitif penerjemah. Hal ini diarahkan oleh pengalaman (abduksi, induksi, deduksi) dalam menerjemahkan klausa pasif lalu menjadi kebiasaan. Kedua, langkah-langkah penerjemahan klausa pasif dalam jurnal Wardun adalah: membaca TSu - menentukan pola umum TSu - membagi TSu ke dalam satuan bahasa yang lebih kecil - menentukan variabel utama TSu - menentukan pola BSa - transfer makna harfiah  -  transfer  makna  kontekstual  -  menuliskan  padanan  di  bawah  TSu  - editing 1 - menghapus TSu - editing 2 - editing 3 - pencetakan.

Kata Kunci: Proses Penerjemahan, Jurnal Wardun, Klausa Pasif, Penerjemahan Indonesia-Arab.

×
Penulis Utama : Patimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1011036
Tahun : 2018
Judul : Penerjemahan Klausa Pasif dalam Majalah Wardun Tahun 2015 (Analisis Proses Penerjemahan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C1011036-2018
Kata Kunci : Proses Penerjemahan, Jurnal Wardun, Klausa Pasif, Penerjemahan Indonesia-Arab.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Malik, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.