Penulis Utama : Ana Pertiwi
NIM / NIP : C0114005
×

ABSTRAK

Novel Pinatri Ing Teleng Ati Karya Tiwiek S.A. adalah salah satu karya sastra berbahasa Jawa yang ditulis oleh Tiwiek S.A. Objek penelitian ini adalah karya sastra yang berjudul Pinatri Ing Teleng Ati Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) struktur yang membangun novel karya Tiwiek S.A. yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), (2) Konflik batin tokoh Minten menggunakan teori Abraham Maslow.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) unsur-unsur struktur meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi) dalam novel karya Tiwiek S.A., (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh Minten dalam novel Pinatri Ing Teleng Ati karya Tiwiek S.A.
Landasan teori dalam penelitian ini dibagi menjadi dua. (1) analisis struktural yang membangun novel Pinatri Ing Teleng Ati. (2) analisis konflik batin yang dialami tokoh Minten memanfaatkan teori psikologi sastra Abaham Maslow.
Metode penelitian yang dimanfaatkan adalah metode kualitatif, yang disajikan secara deskriptif analitik, yakni menguraikan data-data dan mendeskripsikan unsur-unsur yang mengandung aspek kepribadian sehingga diperoleh suatu pemahaman yang lebih komprehensif. Analisis struktural dalam penelitian ini mempunyai unsur-unsur yang saling berhubungan dengan kuat.Hal ini dapat membangun sebuah karya sastra menjadi lebih menarik.
Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan teknikteknik pengumpulan data yang sesuai dengan sumber data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaknidengan teknik baca dan catat.
Hasil penelitian ini diperoleh dua kesimpulan.Pertama, secara pendekatan struktural novel Pinatri Ing Teleng Ati menunjukkan satu kesatuan yang utuh dan sangat erat kaitannya antara satu sama lain. Unsur -unsur yang terdiri dari faktafakta cerita, yang di dalamnya menyangkut alur, karakter, latar; tema, dan saranasarana sastra; judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, serta ironi.Kedua, terdapat limakebutuhan yang ada dalam diri setiap individu yang akan memunculkan konflik batin dalam hidupnya dengan teori psikologi sastra Abraham Maslow, yaitu pertama kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan rasa harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Kata Kunci: Konflik batin,Pinatri Ing Teleng Ati Karya Tiwiek S.A., Psikologi sastra, Tiwiek S.A.

×
Penulis Utama : Ana Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114005
Tahun : 2018
Judul : Konflik Batin Tokoh Minten dalam Novel Pinatri Ing Teleng Ati Karya Tiwiek S.A. (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0114005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.