Penulis Utama : Bagus Tri Indriyanto
NIM / NIP : D0313013
×

ABSTRAK

Indonesia adalah negara berkembang yang tengah berupaya bangkit dari periode ke periode dengan menciptakan program peningkatan kesejahteraan termasuk diantaranya pemberdayaan masyarakat. Penelitian dengan judul “Peran Fasilitator Gedhe Foundation dalam Program Pemberdayaan Desa Inklusi di Desa Wlahar Wetan Banyumas”, memiliki rumusan masalah bagaimana peran dari fasilitator Gedhe, dan bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Gedhe dalam proses pemberdayaan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu purposive sampling. Lokasi penelitian berada di Desa Wlahar Wetan Kabupaten Banyumas. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta studi kepustakaan. Untuk menganalisis data menggunakan metode teknik analisis interaktif. Landasan teori yang digunakan adalah peran fasilitator dan pemberdayaan masyarakat.
Hasil penelitian ini adalah ada peran fasilitator Gedhe Foundation yang dilakukan dalam program pemberdayaan ini antara lain peran edukasi dan fasilitasi pada program desa inklusi. Fungsi manifest dari peran fasilitator juga terlihat dalam kegiatan pemberdayaan untuk mewujudkan desa non diskriminasi. Pemberian fasilitas untuk mewujudkan desa inklusi juga dilakukan dalam bentuk nyata bersamaan dengan kepercayaan pemerintah desa kepada fasilitator untuk bersama mewujudkan pelayanan non diskriminasi

Kata kunci: Inklusi, Peran fasilitator, dan Pemberdayaan masyarakat.

×
Penulis Utama : Bagus Tri Indriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313013
Tahun : 2018
Judul : Peran Fasilitator Gedhe Foundation dalam Program Pemberdayaan Desa Inklusi di Desa Wlahar Wetan Banyumas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0313013 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.