Penulis Utama : Lia Asmaul Jannah
NIM / NIP : C1014023
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem penulisan transliterasi Arab-Latin pada buku Yasin cetakan tiga penerbit di Surakarta, serta menganalisis kesesuaian aksara Arab dengan aksara Latin yang terdapat pada pedoman transliterasi ketiga penerbit di Surakarta dilihat dari kajian fonologi serta pedoman transliterasi SKB tiga menteri tahun 1987.  
 Data penelitian ini adalah transliterasi surat Yasin yang terdapat pada buku Yasin cetakan tiga penerbit di Surakarta yaitu: penerbit Haris Putra Media Surakarta, penerbit Al-Hadi Surakarta serta penerbit Sendang Ilmu Surakarta. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Metode padan ortografis dengan teknik hubung banding menyamakan serta teknik hubung banding membedakan sebagai metode analisis.
 Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Sistem penulisan transliterasi Arab-Latin pada buku Yasin cetakan tiga penerbit di Surakarta memiliki beberapa perbedaan dengan sistem yang terdapat pada pedoman transliterasi Arab-Latin SKB tiga menteri, perbedaan tersebut ditemukan pada sebelas huruf konsonan, vokal panjang, vokal pendek yang berurutan, serta pada penulisan frasa maupun kalimat. (2) Huruf-huruf yang memiliki kesamaan transliterasi antara ketiga penerbit dengan pedoman transliterasi SKB tiga menteri menunjukkan adanya kesesuaian artikulasi bunyi antara fonem aksara Arab dengan fonem aksara Latin. Sedangkan huruf-huruf yang ditransliterasikan berbeda oleh ketiga penerbit maupun pada pedoman transliterasi SKB tiga menteri memiliki artikulasi yang berbeda pula.

Kata kunci: Transliterasi Arab-Latin, Buku Yasin, Fonologi

×
Penulis Utama : Lia Asmaul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014023
Tahun : 2018
Judul : Analisis Transliterasi Arab-Latin pada Buku Yasin Cetakan Tiga Penerbit di Surakarta (Kajian Fonologi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C1014023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afnan Arummi, S.HI., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.