Penulis Utama : Clarissa Alvina Gunawan
NIM / NIP : F0214029
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat korelasi yang paling kuat antara faktor kepribadian pada Big Five Personallity dan dimensi pada career adaptability. Populasi penelitian ini adalah karyawan dari berbagai industri di Indonesia dengan sampel sebanyak 276 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dengan metode Exploratory Factor Analysis dan uji relibilitas dengan metode Cronbach’s Alpha. Untuk uji hipotesis digunakan metode Hierarchial Regression Analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kepribadian agreeableness, emotional stability, dan openness to experience secara bersama-sama memiliki tingkat korelasi yang lebih kuat dibandingkan faktor kepribadian extroversion dan conscientiousness. Secara keseluruhan kelima faktor kepribadian Big Five Personality memiliki tingkat korelasi paling kuat dengan dimensi confidence pada career adaptability.
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain sebagian besar proses pengambilan sampel dilakukan secara tidak langsung melalui online questionnaire sehingga memperbesar kemungkinan bias dan sampel berasal dari berbagai kota yang berbeda sehingga mewakili kondisi lingkungan kerja yang beragam.

Kata Kunci: Big Five Personality, Career Adaptability, extroversion, conscientiousness, openness to experience

 

 

×
Penulis Utama : Clarissa Alvina Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214029
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Big Five Personality dan Dimensi Career Adaptability: Concern, Control, Curiosity, dan Confidence Studi pada Karyawan Multi Industri di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen- F0214029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hidajat Hendarsjah, S.Si, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.