Penulis Utama : Dian Ayu Lestari
NIM / NIP : F3115020
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan special handling untuk heavy lift cargo dengan menggunakan sistem triangular trade untuk proses transaksinya. Special handling tersebut fokus pada penentuan moda transportasi yang paling ideal dengan melalui perbandingan pada tiga jenis moda trasnportasi yaitu tranasportasi udara, laut dan combined transport antara transportasi udara dan laut. Pembandingan tersebut untuk mengetahui biaya dan waktu pengiriman yang paling ideal dalam pengiriman kargo dari Italy ke Indonesia yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain itu, pemilihan model transportasi darat untuk proses trucking delivery dari pelabuhan tujuan ke gudang customer juga dibahas pada penelitian ini dan sekaligus mengidentifikasi problematika yang muncul selama keseluruhan proses handling.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang menghasilkan penyajian data berupa kualitatif. Penulis dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer berupa hasil wawancara serta data dari email dan data sekunder berupa buku serta jurnal maupun artikel online. Teknik yang digunakan untuk analis data yaitu taknik khusus studi kasus karena penulis memfokuskan pembahasan pada suatu topik secara detail dan mendalam guna menghasilkan pemahaman. Kemudian dilakukan pengolahan data berdasarkan pokok pembahasan permasalan tersebut dengan menggunakan teknik reduksi, display dan verifikasi untuk penarikan kesimpulannya.
    Hasil dari penelitian ini adalah moda transportasi yang dipilih adalah jenis combined transport yang mengkombinasikan antara transportasi udara dan laut dengan total cost IDR 645.956.000,00 dengan estimasi waktu pengiriman selama 15 hari dari Italia ke Indonesia dan pertimbangan waktu yang tidak terlalu lama namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk transportasi darat yang terpilih adalah flatbad trailer dengan kontainer jenis flatrack dan problematika yang dihadapi perusahaan yaitu dapat dilihat proses koordinasi melalui email beresiko besar terjadinya kesalahan dalam sebuah komunikasi.

Kata kunci: Special Handling, Heavy Lift Cargo, Triangular Trade, Moda Transportasi, Combined Transport, Flatbad Trailer, Kontainer Flatrack

 

×
Penulis Utama : Dian Ayu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115020
Tahun : 2018
Judul : Special Handling Project Heavy Lift Cargo (Mesin) Menggunakan Sistem Triangular Trade (Studi Kasus di PT Schenker Pertolog Utama Cabang Surabaya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Manajemen Perdagangan- F3115020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati, S.E., M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.