Penulis Utama : Hilda Debora
NIM / NIP : K3512028
×

ABSTRAK

Kehadiran peserta didik adalah salah satu aspek penting di dalam proses pendidikan untuk menilai tingkat kedisiplinan dari peserta didik dan menjadi indikator apakah peserta didik memerlukan bimbingan khusus terkait dengan kehadiran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis web dengan arsitektur RESTful web service yang layak digunakan untuk menolong pendidik  melakukan  aktivitas  pencatatan kehadiran  dan  rekapitulasi data ketidakhadiran peserta didik dengan lebih mudah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di SMK Batik 2 Surakarta. Model pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini adalah Model Waterfall. Langkah-langkah yang dikerjakan dengan menggunakan Model Waterfall adalah analisis, desain, kode, dan pengujian.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah kelayakan sistem berdasarkan hasil pengujian   pada   aspek   functionality   menghasilkan   presentase   100%,   aspek efficiency menghasilkan presentase 62,5%, aspek reliability menghasilkan presentase 100% dan aspek usability menghasilkan presentase 81,47% (sangat tinggi). Sistem yang dikembangkan dianggap layak apabila penilaian pada setiap kriteria mencapai presentase rerata ≥ 61,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini layak untuk digunakan.


Kata Kunci: kehadiran peserta didik, sistem informasi, web service, RESTful

 

×
Penulis Utama : Hilda Debora
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512028
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Kehadiran Peserta Didik dengan Arsitektur Restful Web Service di Smk Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Teknik Informasi dan Komputer- K3512028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.