Penulis Utama : Muhammad Hidrus Taufiq
NIM / NIP : K3212039
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Melaksanakan proses penciptaan seni lukis pada emblems melalui praktik seni partisipatori di kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo. (2) Bentuk karya yang dihasilkan melalui penciptaan seni lukis pada emblems melalui praktik seni partisipatori di kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terintegrasi dengan metode penciptaan seni partisipatori. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Endang Warsiti selaku guru seni budaya dan siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo yaitu Dimas Agih Ramadhan dan Nurul Khotimah, serta foto proses penciptaan, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penciptaan seni partisipatori menggunakan persiapan, eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan.
     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Penciptaan seni lukis pada emblems melalui praktik seni partisipatori telah memenuhi semua aspek penciptaan seni partisipatori yang meliputi : persiapan, eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Proses penciptaan berjalan dengan baik disebabkan pengaruh metode penciptaan melalui praktik seni partisipatori yang mampu menumbuhkan antusias dan respon pada siswa, sehingga mendorong ketrampilan siswa tinggi. (2) secara garis besar visualisasi hasil karya yang dihasilkan sangat baik berdasarkan dengan prinsip desain dan unsur-unsur dalam seni lukis. Keterkaitan antara proses penciptaan yang baik dan berkualitas yang dilakukan melalui metode penciptaan seni partisipatori, berdampak pada semangat siswa dan ketrampilan dalam mengikuti mata pelajaran seni budaya maupun dalam berkreasi sehingga berdampak pada hasil visualisasi karya yang berkualitas dan maksimal maka tujuannya tercapai dengan baik.

Kata kunci : penciptaan seni, seni lukis, seni partisipatori

 

 

×
Penulis Utama : Muhammad Hidrus Taufiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212039
Tahun : 2018
Judul : Proses Penciptaan Seni Lukis pada Emblems melalui Praktik Seni Partisipatori di Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Seni Rupa- K3212039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, M.Sn.
2. Dra. My. Ning Yuliastuti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.