Penulis Utama : Melinda Tineke Dwi Puspitaningrum
NIM / NIP : K8414030
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara disiplin belajar dengan tingkat stres akademik kelas XI SMAN 1 Karanganyar (2) untuk mengetahui hubungan antara tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik kelas XI SMAN 1 Karanganyar (3) hubungan bersama antara disiplin belajar dan tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karangayar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa diambil dengan menggunkan teknik cluster random sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan tingkat dengan stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Semakin tinggi disiplin belajar seorang siswa maka semakin tinggi pula stres akademik yang dialami (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Semakin tinggi tuntutan orang tua terhadap anak maka akan semakin tinggi pula stres akademik yang dialami anak (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan tuntutan orang tua dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Semakin tinggi disiplin belajar dan tuntutan orang tua terhadap anak maka semakin tinggi pula stres akademik yang dialami anak. Jadi dapat dinyatakan bahwa disiplin belajar dan tuntutan orang tua secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat stres akademik siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar.

×
Penulis Utama : Melinda Tineke Dwi Puspitaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414030
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Disiplin Belajar dan Tuntutan Orang Tua dengan Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas XI SMAN 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8414030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rochani M.Pd.
2. Dr. Zaini Rohmad M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.