Penulis Utama : Arif Eka Saraya
NIM / NIP : A121308054
×


ABSTRAK

Keterampilan lemparan atas dan keterampilan memukul pada softball membutuhkan berbagai faktor anthropometri dan kondisi fisik untuk meningkatkan keterampilan bermainnya. Faktor anthropometri dan kondisi fisik tersebut antara lain tinggi badan, panjang lengan, power otot lengan, koordinasi mata tangan, keseimbangan, dan waktu reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor anthropomrtri dan kondisi fisik yang dominan penentu keterampilan lemparan atas dan keterampilan memukul pada softball.
Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis faktor konfirmatori. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa di pendidikan olahraga Universitas Riau yang sudah mengukuti perkuliahan softball. Sampel sebanyak 100 orang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Data yang digunakan diambil melalui serangkaian tes terhadap variabel bebas dan terikat. Metode penelitian ini melalui pengujian analisis faktor konfirmatori dengan bantuan program SPSS 16 dan Amos 21.
Hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa keseluruhan faktor anthropometri dan kondisi fisik mempunyai pengaruh dan hubungan terhadap keterampilan lemparan atas dan keterampilan memukul pada softball tetapi variabel koordinasi mata tangan paling dominan menentukan keterampilan lemparan atas dan variable power otot lengan paling dominan menentukan keterampilan memukul.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor anthropometri dan kondisi fisik yang dominan menentukan keterampilan lemparan atas adalah koordinasi mata tangan dengan nilai 0.250 power otot lengan dengan nilai 0.133, tinggi badan dengan nilai -0.104, panjang lengan dengan nilai -0.109, keseimbangan dengan nilai -0.276 dan waktu reaksi dengan nilai -0.300. Faktor anthropometri dan  kondisi fisik yang dominan menentukan keterampilan memukul adalah tinggi badan dengan nilai 0.244,  power otot lengan dengan nilai 0.404, koordinasi mata tangan dengan nilai 0.304, keseimbangan dengan nilai 0.077, panjang lengan dengan nilai -0.341 dan waktu reaksi dengan nilai -0.041.

Kata Kunci : Faktor Anthropometri, Kondisi Fisik Keterampilan Lemparan Atas, dan Keterampilan Memukul

 

 

×
Penulis Utama : Arif Eka Saraya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308054
Tahun : 2018
Judul : Faktor Anthropometri dan Kondisi Fisik Dominan Penentu Keterampilan Lemparan Atas dan Keterampilan Memukul pada Softball
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Keolahragaan- A121308054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto,
2. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.