Penulis Utama : Jonathan Christanto Setiawan
NIM / NIP : F3615040
×

Penelitian ini disusun seiring dengan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dilakukan oleh bank milik pemerintah. Sektor perbankan di Indonesia dinilai belum seluruhnya melakukan penawaran saham perdana dikarenakan kekhawatiran akan kinerja keuangan bank akan menurun. Kinerja keuangan bank berkaitan langsung dengan tingkat kesehatan bank. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian untuk menganalisis tingkat kesehatan bank setelah melakukan proses penawaran saham perdananya. Penilaian tingkat kesehatan bank dilakukan dengan menggunakan beberapa kategori yaitu Sangat Sehat, Sehat, Cukup Sehat, Kurang Sehat, dan Tidak Sehat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan tahunan bank periode 2011 – 2015 sehingga dapat diketahui bagaimana tingkat kesehatan bank pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk setelah melakukan penawaran saham perdananya. 
Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian untuk menganalisis data adalah metode CAMEL yang berisi 5 aspek yaitu Permodalan, Kualitas Aset, Manajemen, Rentabilitas, dan Likuiditas. Rasio yang digunakan antara lain rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) untuk mengukur aspek Permodalan; rasio Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Non Performing Loan (NPL) untuk mengukur aspek Kualitas Aset; rasio Net Profit Margin (NPM) untuk mengukur aspek Manajemen; rasio Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Net Interst Margin (NIM) untuk mengukur aspek Rentabilitas; rasio Loan to Deposit Ratio (LDR) untuk mengukur aspek Likuiditas. 
Bank sebaiknya meningkatkan kemampuan memelihara kecukupan kas dan pengelolaan pinjaman dengan memperhatikan aktiva yang dimiliki berkaitan dengan perhitungan untuk pelunasan hutang jangka pendek atau kewajiban bank kepada nasabah saat jatuh tempo. Bank harus lebih memperhatikan risiko likuiditas yang dapat terjadi. 
Kata Kunci : PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk , Tingkat Kesehatan Bank, Analisis CAMEL, Initial Public Offering (IPO).

×
Penulis Utama : Jonathan Christanto Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3615040
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tingkat Kesehatan Bank setelah Melakukan Initial Public Offering (Ipo), Studi pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Program Studi Diploma III Keuangan Dan Perbankan-F3615040 -2018
Kata Kunci : PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk , Tingkat Kesehatan Bank, Analisis CAMEL, Initial Public Offering (IPO).
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kresno Sarosa Pribadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.