Penulis Utama : Susana Sarah Callista
NIM / NIP : D0214097
×

Media sosial kini telah menjadi suatu bagian dari kehidupan di berbagai kalangan masyarakat khususnya remaja. Salah satunya adalah media sosial “Instagram”, pemanfaatan media  sosial Instagram  akan mengacu pada tingkat intensitas penggunaannya. Intensitas penggunaan media sosial Instagram terdiri dari empat aspek, yaitu attention, comprehension, duration dan frequency. Hadirnya media sosial Instagram di kehidupan sehari-hari seperti telah memenuhi kebutuhan manusia untuk bersosialisasi dan mengungkapkan diri kepada orang lain. Masa remaja yang merupakan masa transisi, cenderung akan membuat para remaja mencari jati diri dan menunjukkan eksistensi diri mereka. Eksistensi inilah yang akan mempengaruhi self image atau citra diri. Pada sebagian remaja, media sosial Instagram dapat membangun self image atau citra diri yang positif dari penggunaan media sosial itu sendiri. Remaja juga akan cenderung memberikan kesan  yang  baik  sebab  mereka  berharap  dirinya  dilihat  seperti  apa  yang  ia harapkan atau dapat disebut dengan social self image.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar hubungan antara variabel intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan social self image pada siswa SMA Labschool Cibubur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner melalui media online. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Labschool Cibubur tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah  Quota  Sampling,  yaitu  teknik  pengambilan sampel  dari  populasi  yang mempunyai ciri-ciri tertentu hingga jumlah (kuota) yang diinginkan.
Hasil analisis korelasi bivariat menunjukkan bahwa aspek attention, comprehension,  duration  dan  frequency  dalam  variabel  intensitas  mempunyai nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti variabel ini mempunyai hubungan terhadap social self image. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa keempat aspek dari variabel diatas mempunyai hubungan dengan social self image pada siswa kelas XI SMA Labschool Cibubur.

×
Penulis Utama : Susana Sarah Callista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214097
Tahun : 2018
Judul : Media Sosial Instagram dan Self Image Studi Korelasi Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Social Self Image di Kalangan Siswa SMA Labschool Cibubur)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0214097-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.