Penulis Utama : Katmini
NIM / NIP : T641408003
×

ABSTRAK

Angka kematian ibu (AKI) yang tinggi merupakan masalah yang besar di Indonesia. yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup (Profil Penduduk Indonesia Hasil Supas, 2015).  Kematian ibu menurut WHO adalah kematian selama kehamilan atau dalam periode 42 hari setelah berakhirnya kehamilan, akibat semua sebab yang terkait dengan atau diperberat oleh kehamilan atau penanganannya, tetapi bukan disebabkan oleh kecelakaan atau cedera. Kesehatan ibu dan anak (KIA) merupakan kegiatan prioritas mengingat terdapat indikator dampak, yaitu Angka Kematian Ibu (AKI) yang merupakan indikator keberhasilan pembangunan kesehatan. Indikator ini juga digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan Indeks Pembangunan Manusia. Penyebab kematian ibu sebenarnya dapat dicegah dengan pemeriksaan  kehamilan  ANC  yang  memadai  dan  deteksi  dini  risiko  ibu hamil. Dengan ANC beberapa informasi mengenai kehamilan yang belum diketahui ibu dapat tersampaikan dan dengan deteksi dini semua faktor risiko tinggi  yang dapat  menyebabkan  komplikasi  dapat  diketahui  dan  dikelola. Apabila terdapat salah satu faktor risiko tinggi ibu hamil dalam kehamilan, dapat   dilakukan   tindakan   pencegahan   sedini   mungkin   sehingga  risiko kematian dapat dikurangi dengan penanganan yang cepat dan tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis hubungan antara umur  dengan   kejadian   preeklamsia  pada  ibu   hamil,   (2)  menganalisis hubungan antara paritas dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (3) menganalisis  hubungan  antara  persepsi  hambatan  dengan  kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (4) menganalisis hubungan antara dorongan bertindak dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (5) menganalisis hubungan antara kepercayaan dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (6) menganalisis hubungan antara norma timbal balik dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (7) menganalisis hubungan antara jejaring sosial dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (8) menganalisis hubungan antara dukungan sosial dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, (9) menganalisis hubungan antara perilaku ANC dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil, dan 10) merumuskan model promosi kesehatan untuk meningkatkan deteksi dini dan menurunkan kejadian preeklamsia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis explanatory study, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang sebuah fenomena yang telah diketahui what, who, how-nya. Sebuah fenomena yang  telah  diketahui  terjadinya  dan  memiliki  deskripsi  yang  detail  dapat diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan penjelasan, tentang alasan hal tersebut.
Kata Kunci : Kesehatan, ibu hamil, Kematian

 

×
Penulis Utama : Katmini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T641408003
Tahun : 2018
Judul : Analisis Jalur Model Promosi Kesehatan untuk Meningkatkan Perilaku Anc dalam Deteksi Dini Pencegahan Preeklamsia pada Ibu Hamil di Kabupaten Kediri Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-3 Penyuluhan Pembangunan (Promosi Kesehatan)
Kolasi :
Sumber : NS-Pascasarjana, Prog. Studi Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat- T641408003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. dr. Bhisma Murti., MPH., MSc., Ph.D
2. Prof. Dr. Tedjo Danudjo Oepomo, dr., SP.OG(K)
3. Dr Sapja Anantanyu, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.