Penulis Utama : Rahmad Bayu Adi
NIM / NIP : F3315053
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyarankan perbaikan sistem lama yang masih konvensional dalam pemasukan kas, pengeluaran kas, dan pengambilan kas oleh pemilik kos yang selama ini berlangsung di Wisma Harapan menjadi sistem baru yang terkomputerisasi. Bentuk perbaikan sistem tersebut dengan membangun sebuah aplikasi pengolah data keuangan untuk rumah kos dengan basis Visual Basic for Application pada Microsoft Office Excel 2016.
Langkah dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi di Wisma Harapan dan melakukan wawancara dengan pemilik kos dan penyewa kos. Data yang diperoleh saat observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan metode pengembangan sistem untuk mengatasi masalah yang ada, mendesain sistem yang baru, dan menerapkan sistem baru ke aplikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem baru dapat meminimalisir kecurangan yang terjadi pada sistem lama dan membuat kinerja pemilik kos lebih efisien. Aplikasi yang dibuat pun selalu diuji cobakan guna memperbaiki kesalahan ataupun untuk penambahan fitur. Aplikasi pengolah data keuangan ini dapat membantu pemilik kos Wisma Harapan dalam mengelola pendapatan maupun pengeluarannya.
Dari hasil penelitian, Penulis memberikan saran bagi pemilik kos Wisma Harapan agar dapat menerapkan sistem baru dan bagi peneliti berikutnya untuk menggunakan SAK EMKM.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Microsoft Office Excel, Rumah Kos

 

 

×
Penulis Utama : Rahmad Bayu Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3315053
Tahun : 2018
Judul : Membangun Aplikasi Pengolah Data Keuangan untuk Rumah Kos Milik Perorangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Akuntansi- F3315053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asri Hapsari, SE, M.Sc, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.