Penulis Utama : Annisa Solechah Sesatrayane
NIM / NIP : G0015025
×

Latar belakang: Isospora belli adalah parasit protozoa yang dapat menyebabkan penyakit bernama isosporiasis dimana parasit ini dapat menyerang saluran pencernaan manusia. Isosporiasis dapat menjadi faktor risiko terhadap manusia melalui food - borne dan water - borne. Food - borne dan water - borne pada isosporiasis dikaitkan dengan konsumsi makanan mentah dan air mentah yang terkontaminasi oleh ookista Isospora belli yang telah mengalami sporulasi. Penelitian mengenai isosporiasis yang dikaitkan dengan food - borne dan water - borne disease masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor risiko food - borne dan water - borne disease dengan kejadian isosporiasis di DAS Bedog Mlati, Sleman, DIY.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Responden penelitian dipilih secara simple random sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di DAS Bedog, Mlati, Sleman, DIY. Variabel bebas adalah faktor risiko food-borne dan water-borne diseases. Variabel terikat adalah angka kejadian isosporiasis. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pemeriksaan sampel feses menggunakan pengecatan Modified Ziehl Neelsen.
Hasil penelitian: Tidak ditemukan infeksi isosporiasis pada responden penelitian. Faktor risiko food-borne dan water-borne diasease tidak berpengaruh terhadap kejadian isosporiasis.
Simpulan penelitian: Tidak ditemukan hubungan antara faktor risiko food-borne dan water-borne diseases dengan kejadian isosporiasis pada penduduk DAS Bedog, Mlati, Sleman, DIY.

×
Penulis Utama : Annisa Solechah Sesatrayane
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015025
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Faktor Risiko Food-Borne dan Water-Borne Diseases dengan Kejadian Isosporiasis pada Penduduk Daerah Aliran Sungai (DAS) Bedog, Mlati, Sleman, DIY
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yulia Sari, S.Si., M.Si.
2. Sigit Setyawan, dr., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.