Penulis Utama : Azzizah
NIM / NIP : K8114011
×

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan penanaman nilai agama Islam dalam keluarga terhadap perilaku sopan santun anak  usia  5-6  tahun  di  desa  Ngrombo  Baki  Sukoharjo.  Pendekatan  dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan subjek sebanyak 81 anak usia
5-6 tahun. Tahap pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data berupa kuisioner. Kuisioner dilakukan untuk mendapatkan data tentang penanaman nilai agama Islam dalam keluarga dan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun.
Hasil uji hipotesis korelasi Spearman Rho menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang artinya hipotesis diterima yaitu adanya hubungan antara penanaman nilai agama Islam dalam keluarga dengan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun. Nilai koefisien korelasi rxy 0,988 menunjukkan arah kedua variabel positif, yaitu apabila penanaman nilai agama Islam dalam keluarga tinggi maka perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun akan tinggi juga, namun sebaliknya apabila penanaman nilai agama Islam dalam keluarga rendah maka perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun akan rendah juga. Hal ini dapat dijadikan pedoman bagi penelitian selanjutnya yang ingin meneliti tentang faktor- faktor  yang  mempengaruhi  perilaku  sopan  santun  anak  usia  5-6  tahun,  studi tentang penanaman nilai agama Islam dalam keluarga, maupun menganalisis lebih jauh tentang hubungan kedua variable dalam penelitian ini.

×
Penulis Utama : Azzizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114011
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Penanaman Nilai Agama Islam dalam Keluarga Terhadap Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Ngrombo Baki Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8114011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.