Penulis Utama : Eringgar Hana Kaori
NIM / NIP : C0914015
×

Latar belakang perancangan Tugas Akhir ini adalah batik glugu yang ada di Boyolali hanya diaplikasikan pada background atau latarnya saja, sedangkan motif pendukungnya berupa flora dengan wujud sederhana dan disusun secara sederhana  (monoton),  serta  adanya  keinginan  konsumen  untuk  penambahan variasi corak batik glugu.
Tujuan  proyek  Tugas  Akhir  perancangan  ini  adalah  menghasilkan inovasi produk batik glugu yang memiliki nilai pembaruan berupa motif serat glugu yang tidak hanya diaplikasikan pada latar atau background saja, tetapi juga dapat diaplikasikan pada motif utamanya. Sumber ide yang diambil yaitu pohon kelapa,  pemilihan  pohon  kelapa  diharapkan  dapat  memperkuat  karakter  serat glugu yang akan diaplikasikan. Proyek perancangan ini menggunakan teknik batik tulis.
Hasil  penciptaan  ini  dapat  disimpulkan  beberapa  hal:  (1)   dengan mengakat sumber ide pohon kelapa, perancangan ini menghasilkan 8 desain yang diwujudkan menjadi 3 produk batik. (2) hasil percancangan ini dapat menambah inovasi dan variasi corak batik glugu yang sebelumnya.

×
Penulis Utama : Eringgar Hana Kaori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914015
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Batik Glugu dengan Sumber Ide Pohon Kelapa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Seni-C0914015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darwoto, S.Sn., M.Hum.
2. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.