Penulis Utama : Hafitzha Zahra
NIM / NIP : K8114026
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sibling rivalry dengan perilaku prososial anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi.
Populasi penelitian adalah 120 anak berusia 4-6 tahun yang memiliki dan tinggal dengan saudara kandung yang bersekolah di gugus 7 Gladiol Laweyan Surakarta. Sampel penelitian adalah 60 anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria jarak usia antar saudara 2-4 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada orang tua murid segugus 7 gladiol dan checklist perilaku yang dibagikan kepada guru kelas segugus 7 Gladiol. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji korelasi  Spearman rho  untuk  mengetahui  apakah  sibling  rivalry  berhubungan dengan perilaku prososial anak usia 4-6 tahun.
Hasil  analisis  didapatkan  nilai  signifikansi  sebesar  0,000  yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sibling rivalry dengan perilaku prososial   anak   usia   4-6   tahun.   Nilai   koefisien   korelasi   yang   didapatkan berdasarkan  perhitungan  dengan  Spearman  Rho  sebesar -0,998.  Nilai  tersebut tergolong dalam kategori sangat kuat yaitu antara 0,80-1,00, artinya hubungan sibling rivalry dengan perilaku prososial pada anak usia 4-6 tahun memiliki hubungan yang sangat kuat. Selain itu, arah hubungan menunjukkan tanda negatif (-) yang artinya arah hubungan berlawanan arah. Apabila sibling rivalry tinggi maka perilaku prososial rendah, begitu juga sebaliknya apabila sibling rivalry rendah maka perilaku prososial tinggi.

×
Penulis Utama : Hafitzha Zahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114026
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Sibling Rivalry dengan Perilaku Prososial Anak Usia 4-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8114026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.