Penulis Utama : Eka Sutami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Implementasi kebijakan pengaturan pedagang kaki lima di kawasan malioboro yogyakarta (studi deskriptif kualitatif implementasi kebijakan pengaturan pedagang kaki lima di kawasan Malioboro Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0199034-2003
Subyek : PEDAGANG KAKI LIMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi Kebijakan Pengaturan Pedagang Kaki Lima di kawasan Malioboro Yogyakarta dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi Kebijakan Pengaturan Pedagang Kaki Lima di kawasan Malioboro.

Penelitian ini merupakan salah satu penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan penggambaran terhadap objek atau variabel yang diteliti. Penelitian ini mengambil tempat di wilayah Kota Yogyakarta yaitu kawasan Malioboro. Sumber data di dapat dari hasil wawancara, observasi dengan nara sumber atau informan yang dianggap tahu tentang permasalah yang akan diteliti, laporan, dokumentasi, dan buku. Guna menjamin validitas data, penulis menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan interactive model of analysis (Miles dan Huberman) dengan tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.

Proses Implementasi Kebijakan Pengaturan PKL di kawasan Malioboro meliputi tiga tahap, yaitu: tahap sosialisasi, penertiban dan penataan, serta pembinaan. Sosialisasi bertujuan untuk menginformasikan dan menjelaskan kepada PKL mengenai Kebijakan Pengaturan PKL. Sosialisasi dilakukan secara langsung maupun bantuan dari media massa dan brosur atau selebaran. Untuk tahap penertiban dan penataan mulai diberlakukan pemberian sanksi kepada PKL yang melanggar. Pembuatan garis batas ketinggian dan lebar tiap kios serta akses masuk di sepanjang kawasan Malioboro, selain itu ditertibkan juga masalah jan dagang bagi tiap PKL. Untuk proses pembinaan PKL diberikan penyuluhan dan pelatihan dengan taraf yang sederhana. Pemberian pinjaman modal kepada PKL untuk mengembangkan usahanya juga dilakukan untuk membina PKL kawasan Malioboro.

Sebagian besar PKL sudah mengetahui kebijakan yang berlaku bagi mereka dalam melakukan usaha, tetapi tingkat kepatuhan yang masih rendah membuat kawasan Malioboro terlihat semrawut dan kumuh. Pemberian saksi yang tegas sesuai aturan akan meningkatkan tingkat kepatuhan PKL terhadap Kebijakan Pengaturan PKL. Dengan dana yang cukup diharapkan Pemerintah Kota Yogyakarta tidak lagi menemukan kendala yang berarti untuk mewujudkan tujuan dari kebijakan penataan dan pembinaan PKL di Kota Yogyakarta khususnya kawasan Malioboro sebagai wajah dari Kota Yogyakarta.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Nurharjadmo, Msi
2. Dra. Sri Yuliani, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP