Penulis Utama : Rizki Nizam
NIM / NIP : C0914038
×

Seni ‘pyrography’ menurut Proietto  (2015:13) adalah suatu cara atau prosedur untuk menggambarkan sesuatu dengan api (kalor) menggunakan piranti  tertentu  yang  dipanaskan  kemudian  diterapkan  pada  bahan  yang berbeda,  seperti:  kulit  kayu,  tulang,  gading,  papan  kayu  dan  sebagainya. Melihat besarnya potensi untuk mengembangakan seni pyrography pada media tekstil, perancang berusaha melakukan inovasi dengan menerapkan teknik patri seni pyrography di atas permukaan kain berbulu tiruan; Velboa, guna menjadi suatu produk seni yang bersifat memorabilia nan fungsional.
Kesan memorabilia berupa kasih sayang tersebut diwujudkan dalam karya bertemakan “Kasih Ibu” yang terinspirasi dari fenomena pilu kehidupan anak TKW di Desa Kutawaru, Cilacap Tengah, Cilacap, yang ditinggalkan oleh ibu mereka untuk bekerja. Perancang berusaha mengolah rasa empati menjadi lembaran-lembaran ilustrasi imajinatif dalam balutan nuansa dunia bermain anak.
Inovasi berhasil dilakukan dengan menerapkan teknik patri seni pyrography  pada   media   tekstil   –kain   berbulu  tiruan;   Velboa–   setelah melakukan uji  coba dan adaptasi pada piranti  patri dan teknik. Selain itu perancang juga membuat pengembangan produk dengan memadukan hasil seni pyrography Velboa dengan teknik quilting dan penambahan zat glow in the dark.
Muara dari karya seni pyrography dan pengembangannya ini tentunya adalah  produk aksesori  pelengkap interior  berupa hiasan  dinding gantung. Keseluruhan terdapat 9 karya yang berhasil direalisasikan, pun terdapat tiga variasi bentuk; berbingkai lingkaran, berbingkai kotak penuh, dan berbingkai
gagang atas-bawah. Produk hiasan dinding gantung ini cocok ditempatkan di ruang tamu, ruang santai keluarga, ataupun kamar anak, dengan memperhatikan ukuran karya dan luas dinding ruang.

×
Penulis Utama : Rizki Nizam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914038
Tahun : 2018
Judul : Hiasan Dinding Gantung Pyrography Velboa Bertemakan Kasih Ibu
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Tekstil-C0914038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Felix Ari Dartono M.Sn.
2. Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.