Penulis Utama : Ayu Lestari Wulandari
NIM / NIP : F0312023
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah good corporate governance, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba. Motivasi dalam penelitian ini adalah adanya inkonsisitensi dari hasil beberapa penelitian sebelumnya. Penelitian ini berdasarkan pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Agustia Dian (2013). Manajemen laba diukur dengan proksi discretionary accrual menggunakan model Modified Jones Model (1996). Good corporate governance diproksikan oleh Rapat Komite Audit, Propoi Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial. Penelitian ini dilakukan pada seluruh Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2016. Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan IDX (ww.idx.co.id), serta annual report yang diterbitkan oleh perusahaan.Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method yang memenuhi kriteria-kriterian yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rapat Komite Audit, Proposi Dewan Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, serta Leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
 
Kata kunci: Manajemen Laba, Tata Kelola Perusahaan, Rapat Komite Audit, Proposi Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Leverage, Ukuran Perusahaan

×
Penulis Utama : Ayu Lestari Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312023
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-F0312023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Widjajanto, SE., M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.