Penulis Utama : Beni Andang Kirana
NIM / NIP : D0114025
×

Abstrak

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang memiliki jumlah pedagang yang cukup banyak yang berpartisipasi mengikuti kegiatan berlangsungnya pasar. Oleh karena itu diperlukan penataan pedagang yang tertib,rapi, aman dan nyaman yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Kota Surakarta selaku penanggungjawab. Namun dalam pelaksanaan penataannya masih ditemukan keluhan masalah yang dianggap mengganggu penataan, seperti isu penyalahgunaan kepemilikan lapak serta kurang tertibnya pedagang dalam menempatkan barang dagangannya sehingga mengganggu kenyamanan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis responsivitas yang diberikan Dinas
Perdagangan Kota Surakarta dalam penataan pedagang pelataran Pasar Klewer.
Jenis penelitian ini adalah  penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya diperoleh dari informan, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.  Validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber  merupakan tehnik yang menguji kebenaran data dari berbagai sumber informan, keabsahan data  akan  dianggap  semakin  valid  apabila  data  tersebut  mempunyai  banya k kesamaan dengan berbagai pihak.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa responsivitas yang diberikan Dinas Perdagangan sudah cukup baik dalam penataan pedagang pelataran Pasar Klewer, hal tersebut dapat dilihat dari 5 indikator: (1) Terdapat ada tidaknya keluhan. (2) Sikap Dinas dalam merespon keluhan. (3) Referensi perbaikan atas keluhan yang ada . (4) Tindakan Dinas untuk memberikan kepuasan pelayanan. (5) Dalam hal penempatan masyarakat dalam sistem pelayanan yang berlaku.
Untuk   mendukung  penataan  pedagang  pelataran  Pasar  Klewer  yang tertib,  rapi,  aman  dan  nyaman  diperlukan  sosialisasi  secara  berkala  terkait peraturan yang harus ditaati pedagang serta pemenuhan fasilitas pendukung keamanan  pada  penyediaan  gudang penyimpanan  barang sementara  di  tempat dasaran pelataran.

Kata Kunci : Responsivitas, Penataan Pedagang

 

×
Penulis Utama : Beni Andang Kirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114025
Tahun : 2018
Judul : Responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta Dalam Penataan Pedagang Pasar Klewer (Penelitian Pada Pedagang Pelataran)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M.si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.