Penulis Utama : Aziz Kurniawan Budiman
NIM / NIP : D0214022
×

Twitter sebagai salah satu produk media baru merupakan situs microblogging yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi menggunakan pesan singkat yang disebut tweets yang dapat berbentuk teks, visual, audio-visual, tautan atau gabungan dari bentuk bentuk tersebut. Kemudahan yang ditawarkan twitter membuat penggunanya terus berkembang tiap tahun sejak dirilis pada 2006. Hingga Januari
2018 saja pengguna twitter telah mencapai 330 juta di seluruh dunia. Hal tersebut membuatnya telah diakui oleh profesional dan peneliti public relations sebagai alat untuk membangun hubungan antara organisasi dan publik. Melihat potensinya tersebut, Direktorat Jenderal Pajak RI berinovasi dengan membuat akun dengan nama @DitjenPajakRI sebagai salah satu saluran atau tools of public relations untuk berkomunikasi sekaligus membangun hubungan antara organisasi dan publiknya.

Konsep manajemen hubungan organisasi dan publik muncul karena manajemen yang baik akan mampu menghasilkan persepsi publik yang positif bagi organisasi. Hubungan timbal balik yang baik juga akan berpotensi menimbulkan loyalitas terhadap produk atau layanan dari organisasi. Isi corporate tweets Akun twitter @DitjenPajakRI akan dianalisis bagaimana fungsinya dalam membangun hubungan organisasi dan publik selama periode 20 Juni - 20 Juli 2018 yang dilihat dari konten tweet, empat model public relations, indikator hubungan organisasi dan publik, dan interaktivitas.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi. Purposive sampling menjadi teknik sampling yang digunakan karena teknik ini bertujuan untuk memilih subjek yang ada dalam posisi terbaik untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dari hasil distribusi frekuensi tiap-tiap kategori. Teknik Holsti digunakan sebagai uji reliabilitas dengan nilai minimum 0,7% atau 70%.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebanyak 59,4% tweet berasal dari internal organisasi dengan 88,2% konten berisi informasi terkait organisasi. Model public relations press agentry/publicity dominan dengan 75,1% dan indikator hubungan antara organisasi dan publik mencapai angka lebih dari 90% kecuali satisfaction dengan 1,1%. Sedangkan dari segi interaktivitas, 78% tweet menunjukan interaktivitas medium.

 

×
Penulis Utama : Aziz Kurniawan Budiman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214022
Tahun : 2018
Judul : Public Relations Dan New Media (Analisis Isi Corporate Tweets akun @Ditjen PajakRI sebagai Bentuk Relationship Management Antara Organisasi dan Publik Periode 20 Juni – 20 Juli 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D 0214022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.