Penulis Utama : Riska Puspaningrum
NIM / NIP : K8114057
×

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode gardening project di Taman Kanak-kanak. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan metode gardening project dapat diterapkan pada Taman Kanak-kanan. Tahapan pelaksanaan metode gardening project meliputi: (1) tahap persiapan yaitu menyiapkan bahan ajar, alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan proyek, dan mengorganisasiakan kelompok. (2) Tahap pelaksanaan dilakukan setelah anak memahami tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada setiap kelompok. Sehingga anak dapat membuat proyek dengan kelompoknya. (3) Tahap penutup memiliki peran sebagai tahap penguat dalam kegiatan proyek, yaitu anak dapat mempresentasikan hasil proyek yang telah diselesaikan. Teman yang lain dapat memberikan pendapat mengenai hasil karya yang dipresentasikan dan memberikan reward. Manfaat penerapan metode gardening project diantaranya: (1) memberikan pelatihan anak untuk meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi dan kerjasama dengan teman satu kelompokknya.(2)  Kepekaan terhadap tanaman dan lingkungan alam disekitar anak juga dapat meningkat, dimana anak dapat melakukan pembiasaan merawat tanaman disetiap harinya.

 

×
Penulis Utama : Riska Puspaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114057
Tahun : 2018
Judul : Metode Gardening Project Untuk Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di TK Widya Putra Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PG-PAUD-K 8114057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A.,
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.