Penulis Utama : Herdiana Alvian
NIM / NIP : K2311033
×

Penelitian ini bertujuan untuk :1) meningkatkan keaktifan berdiskusi siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo melalui penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik, 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksnakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 38 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik dapat meningkatkan keaktifan berdiskusi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian keaktifan berdiskusi siswa prasiklus sebesar 51,5 %, siklus I sebesar 59 %, dan pada siklus II sebesar 76,5 %. 2) penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian keaktifan berdiskusi siswa prasiklus sebesar 47 %, siklus I sebesar 58 %, dan pada siklus II sebesar 79 %.

 

×
Penulis Utama : Herdiana Alvian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2311033
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Keaktifan Berdiskusi dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA N 2 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika -K2311033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Radiyono, M.Pd.
2. Drs. Pujayanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.