Penulis Utama : Boy Sembaba Tarigan
NIM / NIP : A121608011
×

Penelitian ini mengukur pembangunan olahraga Kota Metro yang ditinjau dari Sport Development Index (SDI). Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengevaluasi ketersediaan ruang terbuka olahraga di Kota Metro. 2) untuk mengevaluasi kuantitas dan kualitas sumber daya manusia keolahragaan di Kota Metro. 3) untuk mengevaluasi tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Kota Metro. 4) untuk mengevaluasi tingkat  kebugaran  jasmani  yang dimiliki  oleh masyarakat  di  Kota Metro.  5)  untuk mengevaluasi pembangunan olahraga di Kota Metro.
Penelitian ini dilakukan di Kota Metro. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Karena penelitian ini juga mengevaluasi kebijakan pemerintah terkait pembangunan  olahraga  maka  penelitian  ini  juga  penelitian  evaluatif.  Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel 270 orang dari 3 kecamatan. Instrumen yang digunakan berupa instrumen SDI dan juga serangkain protokol multi stage fitness test (MFT) untuk mendapatkan data tingkat kebugaran jasmani masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) indeks ruang terbuka Kota Metro sebesar 0,662, dalam norma indeks pembangunan olahraga masuk dalam kategori menengah. (2) indeks sumber daya manusia keolahragaan Kota Metro adalah sebesar 0,00104, dalam norma indeks pembangunan olahraga masuk dalam ketogri rendah. (3)   indeks partisipasi masyarakat Kota Metro sebesar 0,474, dalam norma indeks pembangunan olahraga  masuk  dalam  kategori  rendah.  (4)  indeks  kebugaran  jasmani  Kota  Metro sebesar 0,33, dalam norma indeks pembangunan olahraga masuk dalam kategori rendah. (5) indeks pembangunan olahraga didapat dari gabungan empat indeks maka diperoleh indeks pembangunan olahraga Kota Metro sebesar 0,367, dalam norma indeks pembangunan olahraga masuk dalam kategori rendah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan olahraga di kota metro masih tertinggal atau masih belum berhasil, meskipun ada banyak program olahraga dan penciptaan peraturan daerah untuk meningkatkan kualitas olahraga di kota metro masih ada 3 indikator di SDI yang berada dalam kategori rendah, yaitu ketersediaan sumber daya manusia olahraga, partisipasi masyarakat berolahraga, dan kebugaran fisik orang- orang yang masih dalam kategori rendah.

 

×
Penulis Utama : Boy Sembaba Tarigan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608011
Tahun : 2018
Judul : Pembangunan Olahraga di Kota Metro Ditinjau dari Sport Development Index (Studi Evaluasi tentang Indeks Ruang Terbuka, Sumber Daya Manusia, Partisipasi Olahraga, dan Kebugaran Jasmani)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121608011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.