Penulis Utama : Dessy Feranita
NIM / NIP : K4314019
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 terhadap peningkatan dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan post only group design, Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknikcluster sampling. Sampel kelas X MIPA sebanyak 32 siswa dan kelas XI MIPA sebanyak 31 siswa. Pembelajaran dilaksanakan pada kelas X MIPA dengan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada capaian dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik menunjukkan capaian dimensi ecological knowledge dalam konsep literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional.

×
Penulis Utama : Dessy Feranita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314019
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality ECO-AR 1-3 terhadap Peningkatan Dimensi Ecological Knowledge dalam Kosep Literasi Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4314019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D.
2. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.