Penulis Utama : Nadia Larasati
NIM / NIP : K4314045
×

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe  group  investigation  dipadu  peta konsep  terhadap  keterampilan berpikir kreatif siswa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPA 6 dan X IPA 8 dengan teknik pengambilan cluster sampling.. Desain penelitian menggunakan posttest only with nonequivalent grup design. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas dengan menerapkan model group investigation dan model group investigation  dipadu  metode  peta  konsep.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan  uji  normalitas  dan  homogenitas.  Uji  hipotesis  yang  digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dibantu dengan SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu peta konsep berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Aspek keterampilan berpikir kreatif yang diteliti terdiri dari aspek originality, fluency, flexibility, dan elaboration.

 

×
Penulis Utama : Nadia Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314045
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Peta Konsep terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4314045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Santosa, M.Si.
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.