Penulis Utama : Rawa Dana Lestari
NIM / NIP : K3314044
×

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan:  (1) interaksi  sosial siswa menggunakan model pembelajaran Learning Together dilengkapi dengan LKS terbimbing pada materi stoikiometri; (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri menggunakan model pembelajaran Learning Together dilengkapi dengan LKS terbimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Sumber data diperoleh dari guru, siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi dengan LKS terbimbing  dapat meningkatkan: (1) interaksi sosial siswa pada materi stoikiometri dilihat dari kenaikan ketuntasan pra siklus sebesar 46% menjadi 67% pada siklus I dan 82% pada siklus II; (2) prestasi belajar siswa pada materi redoks pada aspek pengetahuan siklus I 67% menjadi 82% pada siklus II, aspek sikap siklus I 79% menjadi 94% pada siklus II. Pada aspek keterampilan mencapai ketuntasan 100%.

 

×
Penulis Utama : Rawa Dana Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314044
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Learning Together (LT) Dilengkapi dengan LKS Terbimbing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 5 SMAN 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3314044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
2. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.