Penulis Utama : Heppy Ria Mareta
NIM / NIP : G0114053
×

Abstrak

Sebanyak 73,5% remaja di Kota Surakarta menggunakan internet lebih dari 4 jam per hari. Kecanduan internet dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah hubungan yang terjalin dengan orang tua. Pola komunikasi keluarga menjadi salah satu bagian dari hubungan orang tua dengan anak. Pola komunikasi keluarga rendah dalam orientasi percakapan dan orientasi kepatuhan disebut dengan laissez-faire. Pola komunikasi keluarga laissez-faire memiliki kemungkinan tertinggi dalam menyebabkan anak mengalami kecanduan internet karena pola komunikasi ini membuat anggota keluarga tidak cukup terlibat dalam percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi keluarga laissez-faire dengan kecanduan internet pada remaja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive incidental sampling, diperoleh 185 remaja di Kota Surakarta. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecanduan internet (r = 0,930) dan skala pola komunikasi keluarga laissez-faire (r = 0,802). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson’s product moment menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0 for windows.
Hasil analisis menunjukkan r = 0,369 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola komunikasi keluarga laissez-faire dengan kecanduan internet pada remaja di kota Surakarta. Artinya semakin kuat pola komunikasi keluarga laissez-faire maka semakin tinggi tingkat kecanduan internet pada remaja di kota Surakarta. Sebaliknya, semakin lemah pola komunikasi keluarga laissez-faire maka semakin rendah tingkat kecanduan internet pada remaja di Kota Surakarta.
    
Kata Kunci : pola komunikasi keluarga laissez-faire, kecanduan internet, remaja

×
Penulis Utama : Heppy Ria Mareta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114053
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Laissez-Faire dengan Kecanduan Internet pada Remaja di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G0114053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M. Si., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.