Penulis Utama : Dita Puspitaningrum
NIM / NIP : R0015029
×

Latar Belakang : Lingkungan tempat kerja terdiri dari banyak aktifitas yang melibatkan mesin produksi, dimana kegiatan tersebut menghasilkan output yang dapat berdampak pada kondisi sekitar area produksi. Program 5R sebagai salah satu upaya PT. Indokarlo Perkasa Cibinong Bogor untuk menciptakan lingkungan kerjayang aman, sehingga dapatmengurangikemungkinan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program 5R (housekeeping) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja pada area pressingdi PT. Indokarlo Perkasa Cibinong Bogor.

Metode : Penelitian ini menggunakanmetodedeskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi lapangan, dokumen perusahaan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penilaian dibandingkan dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan  Republik Indonesia No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja, Undang-Undang No. 3 Tahun 1969 tentang Hygiene dalam Perniagaan dan Kantor-kantor, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 70 Tahun 2016 tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri.

Hasil : PT. Indokarlo Perkasa Cibinong Bogor sudah mengimplementasikan program 5R pada area pressing. Hasil penilaian diarea pressing didapatkanp redikat merah. Hasil penilaian tersebut mengatakan bahwa implementasi 5R pada area pressingdapat dikategorikan kurang baik.
Simpulan : Program 5R PT. Indokarlo Perkasa Cibinong Bogor telah dilakukan sesuai dengan peraturan terkait. Namun dalam hal pelaksanaan program 5R belum maksimal dikarenakankurangnya sistem 5R dan fasilitas penunjang pelaksanaan 5Rdiperusahaan.

Kata Kunci : 5R, pencegahan kecelakaan kerja

×
Penulis Utama : Dita Puspitaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015029
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Program 5r Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Area Pressing Pt. Indokarlo Perkasa Cibinong Bogor
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : Hadiah
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati S.ST, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.