Penulis Utama : Ilman Ramadhanu
NIM / NIP : E0014201
×

ABSTRAK

Ilman Ramadhanu. 2018. E0014201. TANGGUNG JAWAB NEGARA ATAS KEKERASAN TERHADAP KELOMPOK TRANSGENDER DI INDONESIA SEBAGAI BENTUK PELAKSANAAN RATIFIKASI INTERNATIONAL COVENANT ON CIVIL AND POLITICAL RIGHTS. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

    Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perlindungan hak transgender melalui International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) serta untuk mengetahui tanggung jawab Indonesia berdasarkan ICCPR mengenai tindakan kekerasan terhadap kelompok transgender di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode hukum normatif dengan pendekatan konseptual dan pendekatan perundang – undangan. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer serta bahan hukum sekunder.  Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi kepustakaan dan dianalisis menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ICCPR dapat digunakan untuk melindungi hak transgender karena identitas gender dapat dikategorikan sebagai ‘status lain’ serta kelompok transgender sebagai kelompok minoritas. Indonesia sebagai negara anggota ICCPR belum secara maksimal melakukan tanggung jawabnya untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak transgender di Indonesia terhadap tindakan kekerasan. Penghormatan hak transgender di Indonesia ditunjukkan dengan diperbolehkannya pengubahan jenis kelamin namun masih terdapat peraturan yang bermasalah dan diskriminatif yang sering dijadikan alasan tindakan kekerasan terhadap transgender. Peraturan yang seharusnya secara preventif melindungi transgender dari kekerasan justru tidak mengatur pelarangan kekerasan berbasis gender dan penegak hukum dinilai absen dalam menghukum pelaku tindakan kekerasan. Upaya remedial secara nasional telah disediakan untuk kelompok transgender oleh Indonesia melalui akses pengaduan kepada Komnas HAM. Pemenuhan hak transgender ditunjukkan dengan dimasukkannya isu transgender sebagai prioritas kerja Komnas HAM.

Kata Kunci: Transgender, International Covenant on Civil and Political Rights, Kewajiban.

 

×
Penulis Utama : Ilman Ramadhanu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014201
Tahun : 2018
Judul : Tanggung Jawab Negara atas Kekerasan terhadap Kelompok Transgender di Indonesia sebagai Bentuk Pelaksanaan Ratifikasi International Covenant On Civil and Political Rights
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS_F Hukum-Prodi Hukum-E0014201 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslimah, S.H.,M.H
2. Anugrah Adiastuti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.