Penulis Utama : Fanny Ayustina Astari
NIM / NIP : K8114023
×

ABSTRAK

Angka mengulang di kelas satu Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Sukoharjo memiliki jumlah terbesar dibandingkan dengan tingkat kelas diatasnya. Kondisi ini dimungkinkan terjadi karena kurangnya kesiapan sekolah. Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu kesiapan sekolah anak masuk SD. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketarlibatan orangtua dengan kesiapan sekolah anak masuk SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Sampel penelitian ini ialah 60 anak usia 5-6 tahun di RA Islam Al Falah Sukoharjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesiner. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Analisis data dengan menggunakan uji spearman rho dengan bantuan aplikasi SPSS 23. 

Hasil penelitian ini menunjukkan analisis korelasi 0,690 ada hubungan positif antara kesiapan sekolah anak dengan keterlibatan orangtua. Semakin tinggi keterlibatan orangtua seperti perhatian kepada anak, memberi motivasi, bekerjasama dengan sekolah dalam hal pendidikan anak,  maka semakin tinggi pula kesiapan sekolah anak masuk SD seperti  anak percaya diri dalam melakukan aktivitas karena anak mendapat dukungan dan perhatian penuh dari orangtua , sebaliknya semakin rendah keterlibatan orangtua maka semakin rendah pula kesiapan sekolah anak masuk SD.
 
Kata Kunci: keterlibatan orangtua, kesiapan sekolah, anak usia dini

×
Penulis Utama : Fanny Ayustina Astari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114023
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Keterlibatan Orangtua dengan Kesiapan Sekolah Anak Masuk SD
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP Prog. Studi PG Paud-K8114023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi. M.A
2. Muhammad Munif Syamsuddin, S.Pd.I., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.