Penulis Utama : Julia Nurfitri Ariaji
NIM / NIP : G0114061
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas stereotype threat yang terfokus pada stereotip gender, yang menyatakan bahwa wanita memiliki karakteristik feminin. Hal ini tidak sesuai dengan bidang kemiliteran seperti Menwa, yang menuntut anggotanya untuk bersikap maskulin. Penelitian terdahulu menemukan bahwa intergroup contact merupakan salah satu cara mengurangi adanya ancaman yang dirasakan dalam suatu kelompok, seperti ancaman stereotip.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan intergroup contact dengan stereotype threat pada anggota wanita Menwa UNS dan UMS. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stereotype threat (reliabilitas=0,754) dan skala intergroup contact (reliabilitas=0,810). Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan subjek 23 anggota wanita Menwa UNS dan 17 anggota wanita UMS.

Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear menunjukkan bahwa F hitung (18,106) lebih besar dari F tabel (2,461) dan nilai p=0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan intergroup contact dengan stereotype threat pada anggota wanita Menwa UNS dan UMS. Sumbangan efektif secara total sebesar 67,4 % dengan peran dari tiap aspek intergroup contact, yaitu aspek kerjasama antar kelompok memberikan sumbangan efektif terhadap stereotype threat sebesar 30,02%, aspek kesamaan status sebesar 15,77%, aspek dukungan pihak berwenang sebesar 11,58%, dan aspek kesamaan tujuan sebesar 10,02%.
 
Kata kunci: intergroup contact, resimen mahasiswa, stereotype threat.

×
Penulis Utama : Julia Nurfitri Ariaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114061
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Intergroup Contact dengan Stereotype Threat pada Anggota Wanita Resimen Mahasiswa Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Prog. Studi Psikologi-G0114061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono, M. Si.
2. Rahmah Saniatuzzulfa, S. Psi., M. Psi., Psikolog.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.