Penulis Utama : Rita Kurnia Indawati
NIM / NIP : D1215072
×

ABSTRAK

Media sosial bisa dikatakan sulit untuk dilepaskan dari kehidupan banyak orang saat ini. Media ini sudah menjadi bagian terpenting dalam hidup banyak manusia sekarang. Hal ini yang kemudian tidak heran membuat semakin terkikisnya komunikasi tatap muka. Terutama bagi mereka yang kita kenal sebagai Gen-Z, yang disebut-sebut sebagai native internet generation, lahir di era internet, di mana sebagian dari mereka tidak mengingat masa-masa sebelum adanya media sosial. Salah satu media sosial yang terkenal dan banyak digunakan orang saat ini adalah Instagram. 

Melihat semakin lengketnya orang-orang saat ini dengan media sosial, maka penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dari motivasi penggunaan Instagram dengan Instagram stickiness di kalangan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sukaresmi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, di mana data primernya didapatkan melalui penyebaran kuesioner, dengan sistem pengambilan sampel nonprobability sampling, dan analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Spearman’s rho.  

Hasilnya menunjukkan adanya korelasi yang signifikan serta positif dari motivasi penggunaan Instagram dengan Instagram stickiness. Berarti di mana apabila motivasi penggunaan Instagram ini tinggi atau besar, maka akan membuat penggunanya semakin lengket, atau kembali serta menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengakses atau menggunakan Instagram. Apabila diurutkan dari yang korelasinya paling kuat, yaitu escapism, archiving, self-expression, information seeking, dan yang terakhir social interaction.   

Kata Kunci: Media Sosial, Gen-Z, Instagram, Motivasi, Instagram Stickiness  

 

×
Penulis Utama : Rita Kurnia Indawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215072
Tahun : 2018
Judul : Instagram Stickiness (Analisis Kuantitatif Korelasi Motivasi Penggunaan Instagram dan Instagram Stickiness di Kalangan Siswa dan Siswi SMA Negeri 1 Sukaresmi Tahun 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS- FISIP Prog. Studi Ilmu Komunikasi-D1215072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc., Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.