Penulis Utama : Damarsari Tri Atmani
NIM / NIP : C0212015
×

ABSTRAK


Damarsari Tri Atmani. C0212015. 2018. Penggunaan Bahasa Indonesia di Kampung Wisata Sosrowijayan Yogyakarta: Suatu Kajian Sosiolinguistik. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan dalam penulisan ini adalah (i) bagaimanakah situasi kebahasaan penggunaan bahasa Indonesia di wilayah kampung wisata Sosrowijayan Wetan Yogyakarta? (ii) gejala kebahasaan apa saja yang terjadi di wilayah kampung wisata Sosrowijayan Yogyakarta yang menunjukkan pola-pola pergeseran bahasa dan pemertahanan bahasa Indonesia dan adakah upaya dalam pemertahanan bahasa Indonesia oleh warga asli?
Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan situasi kebahasaan penggunaan bahasa Indonesia di wilayah kampung wisata Sosrowijayan Wetan Yogyakarta dan (ii) mendeskripsikan gejala kebahasaan apa saja yang terjadi di wilayah kampung wisata Sosrowijayan Yogyakarta yang menunjukkan pola-pola pergeseran bahasa dan pemertahanan bahasa Indonesia dan upaya dalam pemertahanan bahasa Indonesia oleh warga asli
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan.  Sumber  data  pada  penulisan  ini,  penggunaan  bahasa  di  Kampung Wisata Sosrowijayan Wetan. Data penelitian ini berupa kata-kata lisan atau ujaran verbal yang digunakan oleh subjek yang diteliti dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara (in depth interview), kuesioner, dan observasi berpartisipasi. Teknik penyajian data pada penulisan ini disajikan dalam bentuk teknik informal, yaitu berupa kata-kata yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini.
Dari permasalahan yang dibahas, simpulan dari penelitian ini adalah (i) secara garis besar, pemakaian dan pemilihan bahasa yang terjadi di berbagai peristiwa tutur yang melibatkan masyarakat Sosrowijayan Wetan menunjukkan adanya penggunaan bahasa yang disertai dengan interferensi, alih kode, dan campur kode; berdasarkan data yang terkumpul, didapati bahwa kemampuan bahasa yang dimiliki oleh sebagian besar warga masyarakat Sosrowijayan Wetan yang paling baik adalah bahasa Indonesia. Meskipun berbahasa ibu bahasa Jawa, warga Sosrowijayan Wetan lebih memperlihatkan penguasaan mereka dalam berbahasa Indonesia; bahasa Jawa dan bahasa Inggris mempunyai posisinya masing-masing dalam pemakaiannya. Bisa dilihat bahwa bahasa Inggris hanya sedikit dipakai oleh mereka sebagai alat komunikasi dengan tanpa mencampurkannya dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa. Dengan kata lain, bahasa Inggris tidak pernah dipakai secara sendirian, melainkan lebih sering digabungkan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, (ii) situasi kebahasaan penggunaan bahasa Indonesia di Sosrowijayan Wetan tidak menunjukkan adanya pergeseran bahasa terhadap bahasa Indonesia, justru gejala yang ada lebih cenderung ke arah pemertahanan bahasa dalam komunitas multilingual.

Kata kunci: Sosrowijayan, bahasa, pergeseran, pemertahanan

 

 

×
Penulis Utama : Damarsari Tri Atmani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212015
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Bahasa Indonesia di Kampung Wisata Sosrowijayan Yogyakarta: Suatu Kajian Sosiolinguistik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS_F Imu Budaya-Prodi Sastra Indonesia -C0212015 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs Hanifullah Syukri, M.Hum
2. Dra Hesti Widyastuti, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.