Penulis Utama : Sri Diyah Sari Saraswati
NIM / NIP : K8114063
×

ABSTRAK

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menstimulasi motorik halus melalui media bahan alam pada anak usia 4-5 tahun TK Karang Indriya Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian telah dilakukan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan  telahdilaksanakan pada empat tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.  
Subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun berjumlah 15 anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan anak.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, non tes dan dokumentasi.Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk.Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian nilai tiap indikator motorik halus anak meningkat dari pra tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 53,33% dan pada siklus II sebesar 80%. Peningkatan telah ditandai dengan keberasilan anak mampu menggambar bentuk segiempat, menggambar bentuk lingkaran dan memelintir. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui media bahanalam padakegiatan menggambar bentuk dipasir, memelintir daun pisang membuat peluit, menggambar pola bentuk daun dan memelintir kapas dapat menstimulasi motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci : motorik halus, media bahan alam, anak usia 4-5 tahun
 

×
Penulis Utama : Sri Diyah Sari Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114063
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Media Bahan Alam untuk Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun TK Karang Indriya Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP Prog. Studi PG Paud-K8114063-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S. Sn., M. A.,
2. Nurul Kusuma Dewi, S. Pd., M. A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.