Penulis Utama : Khotim Mahfud
NIM / NIP : K2514040
×

ABSTRAK

Khotim Mahfud, K2514040. PENGARUH PENAMBAHAN SILIKON (Si) TERHADAP SIFAT MEKANIK BAHAN GAMELAN PADUAN PERUNGGU TIMAH PUTIH (CuSn) DENGAN VARIASI KOMPOSISI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penambahan silikon pada paduan perunggu timah putih terhadap sifat elastis; (2) pengaruh penambahan silikon pada paduan perunggu timah putih terhadap kekuatan impact; (3) pengaruh penambahan silikon pada paduan perunggu timah putih terhadap struktur mikro.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis data deskriptif. Sampel penelitian adalah hasil dari paduan perunggu timah putih ditambah silikon. Variabel bebas penelitian ini adalah variasi penambahan silikon 1,5%, 3%, dan 4,5%. Variabel terikat penelitian ini adalah paduan perunggu timah putih.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sifat elastis meningkat dipengaruhi oleh penambahan silikon yang diketahui dari perhitungan modulus elastisitas tertinggi yaitu variasi silikon 4,5% mengalami peningkatan sebesar 21,218% dari perunggu timah putih. Ketangguhan patah melalui uji impact terbesar pada penambahan silikon 4,5% mengalami peningkatan nilai impact sebesar 53,793%. Penambahan silikon berpengaruh terhadap sifat mekanik paduan dimana sifat elastis dan kekuatan impact mengalami peningkatan. Struktur mikro yang dihasilkan menjelaskan bahwa variasi penambahan silikon berpengaruh pada fasa yang terbentuk terhadap sifat mekanik paduan. Dengan penambahan silikon sebesar (4,5%) pada paduan perunggu timah putih dapat direkomendasikan sebagai pengganti untuk bahan instrumen musik gamelan.
Kata Kunci : Sifat elastis, ketangguhan patah, struktur mikro, perunggu timah putih, variasi penambahan silikon

 

×
Penulis Utama : Khotim Mahfud
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514040
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penambahan Silikon (si) Terhadap Sifat Mekanik Bahan Gamelan Paduan Perunggu Timah Putih (cusn) Dengan Variasi Komposisi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS_FKIP-Prog. Pendidikan Teknik Mesin-K2514040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
2. Dr.Eng. Nyeyep Sri Wardani, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.