Penulis Utama : Nimas Karunia Esa
NIM / NIP : C0214048
×

ABSTRAK 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena kebahasaan berupa penggunaan disfemisme yang semakin pesat di dunia internet.Penggunaan disfemisme yang dipakai oleh masyarakat semakin berkembang dan menjadi kebiasaan dalam berbahasa. Akan tetapi hal ini menjadi menarik karena penelitian kali ini mengambil kelompok penutur yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, yakni mahasiswa UNS. 
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk dan tipe disfemisme dalam draf pesan line UNSecret? (2) bagaimanakah referensi disfemisme dalam draf pesan di line UNSecret?dan (3) bagaimanakah fungsi disfemisme dalam draf pesan line UNSecret? 
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bentuk dan tipe disfemisme yang terdapat dalam draf pesan akun line UNSecret (2) untuk mendeskripsikan referensi disfemisme dalam draf pesan line UNSecret dan (3) untuk mendeskripsikan fungsi disfemisme yang terdapat dalam draf pesan  line UNSecret Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode agih dengan teknik bagi unsur langsung, lesap, serta ganti dan metode padan referensial. Sumber data penelitian ini berasal dari akun media onlineline bernama UNSecret. Data yang diambil berupa satuan kalimat yang di dalamnya memiliki bentuk disfemisme. 
 Dari hasil penelitian yang sudah dianalisis menggunakan teori Allan dan Burridge serta beberapa teori penunjang lainnya, penelitian ini menghasilkan empat macam bentuk disfemisme yang terbagi menjadi kata, frasa, klausa, dan kalimat.Tipe disfemisme terbagi menjadi figuratif, flipansi, pemodelankembali, kliping, sirkumlokusi, hiperbola, singkatan, akronim, pelepasan, remodelling, kataumumjadikatakhusus, understatement, kolokial, dan borrowing.Referensi disfemisme terbagi menjadi benda, binatang, tumbuhan, bagiantubuh, profesi, penyakit, aktivitas, peristiwa, dan sifat/keadaan.Fungsi disfemisme terbagi menjadi fungsi-menunjukkan rasa tidak suka, cemoohan, menunjukkan sesuatu atau hal negatif, menegaskan kemarahan. 
Kata Kunci: disfemisme, referensi, tipe, fungsi, draf pesan

×
Penulis Utama : Nimas Karunia Esa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214048
Tahun : 2018
Judul : Disfemisme dalam Draf Pesan Line Unsecret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Program Studi Sastra Indonesia -C0214048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.