Penulis Utama : Rhexa Adi Prihardani
NIM / NIP : K5414043
×

ABSTRAK

Tujuan  Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui faktor pendorong mobilitas pekerja PT Alam Daya Sakti di Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2018, (2) Untuk mengetahui karakteristik demografi pekerja industri pembuatan paving PT Alam Daya Sakti di Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2018, (3) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pekerja industri pembuatan paving PT Alam Daya Sakti di Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2018, (4) Sebagai bahan pengayaan pembelajaran geografi untuk SMA kelas XI pada Kompetensi Dasar yang berhubungan dengan kependudukan.
Sesuai dengan tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metodestudikasus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tidak terlibat, wawancara terstruktur, dan dokumentasi.  
Hasil penelitian ini adalah  (1) Faktor pendorong terjadi mobilitas pekerjaan dari buruh bangunan menjadi buruh industri adalah lokasi industri dekat dengan tempat tinggal. (2) Karakteristik demografi pekerja industri termasuk dalam usia dewasa lanjut yaitu 31-50 tahun. (3) Kondisi sosial ekonomi pekerja industri memiliki dominasi pendapatan yang melebihi pengeluaran dikarenakan banyaknya jumlah anggota rumah tangga yang bekerja, jumlah penghasilan anggota rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, dan pekerjaan sampingan yang dimiliki pekerja industri.  
 
Kata Kunci: Mobilitas Pekerjaan, Demografi, Sosial Ekonomi.

×
Penulis Utama : Rhexa Adi Prihardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414043
Tahun : 2018
Judul : Studi Karakteristik Demografi dan Kondisi Sosial Ekonomi Pekerja Industri Pembuatan Paving PT Alam Daya Sakti di Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Geografi-K5414043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sugiyanto, M.Si, M.Si
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.